Rumus Excel HLookup apa dan bagaimana

Tidak bisa di pungkiri masih banyak dari pengguna ms excel  yang kurang paham atas perbedaan Vlookup and  Hlookup.secara Prinsip kerja  sama saja,tugas yang di lakukan adalah mencari nilai dari suatu tabel atau  array.
Ulasan tentang rumus Vlookup ada di tulisan  sebelum nya baca disini.

Daftar isi:
  1. Pengertian Hlookup
  2. Rumus Hlookup
  3. Contoh Penggunaan Hlookup

1.Pengertian Hlookup

HLookup adalah singkatan dari Horizontal Lookup yang dapat di gunakan untuk mengambil data atau informasi dari sebuah tabel dengan mencari baris untuk data yang cocok.
Sedang Vlookup atau Vertical lookup mencari data  atau nilai berdasarkan  kolom.


2.Rumus Hlookup

=HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)


Lookup_value:

Nilai atau data  referensi yang akan di cari, dalam contoh di atas kita akan mencari Penjualan Tangal 5 Agustus,berarti referensi nya berada di sel B8.

Table_array:

adalah tabel data  yang akan kita cari nilai nya dalam contoh terlihat rentang data dari sel A1:H2.
baris pertama  itu  berisi  nilai referensi yang akan di cocokan dengan nilai B8, dan baris 2 adalah  hasil pencarian nilai.

Col_index_num:

adalah nomor  indek dari  tabel,coba perhatikan  di tabel terdiri dari 2 baris dan yang akan kita ambil adalah baris ke 2 maka Col_index_num  di isi dengan 2,jika data  yang akan di ambil baris ke-3 maka tulis 3 , begitu seterus, tergantung baris ke berapa data  yang akan di ambil nilai nya.

Range_lookup

ada 2 pilihan  True dan False.dalam contoh saya pilih  False karena saya ingin ambil data yang benar benar sama.jika pilih True maka hasil nya akan mencari nilai  yang terdekat jika nilai yang benar benar cocok tidak di temukan.anda bisa mencoba ini.

3.Contoh pengunaan Hlookup


Dari contoh diatas ada 3 nilai yang harus di cari di dalam tabel data yaitu  Berapa jumlah penjualan,pembelian dan keuntungan di tanggal 5 Agustus.
Penyelesaian:
di sel  B9  tulis  rumus : =HLOOKUP(A9,A1:H4,2,FALSE)
di sel C9 tulis rumus  : =HLOOKUP(A9,A1:H4,3,FALSE)
di sel D9 tulis rumus := =HLOOKUP(A9,A1:H4,4,FALSE)

perhatikan tulisan yang tebal dan tanda kuning itu adalah Col_index_num selebih nya rumus nya sama.

Post a Comment

1 Comments

  1. Although betting systems 온라인카지노 is not going to provide a long-term benefit, as the expected payoff will all the time be zero in a good game, nonetheless they're broadly adopted among gamblers. A well-known multiplicative betting system is the Martingale 23. In Martingale betting, starting with an preliminary wager, the gambler will double their wager every time they lose one round, and return to the preliminary wager as soon as} they win.

    ReplyDelete